Kosmetik Kamu Sudah Kadaluarsa Belum?

linktobeauty.com

Kosmetik adalah amunisi utama bagi seorang wanita. Bagaimana tidak? Produk kosmetik mampu mengubah penampilan kita menjadi lebih cantik dan meningkatkan kepercayaan diri. Seringkali para pengguna kosmetik cukup acuh tak acuh akan masa kadaluarsa sebuah produk. 

Kosmetik itu sama halnya dengan makanan yang memiliki masa kadaluarsa dan bisa berdampak buruk apabila digunakan secara terus-menerus. Pemakaian kosmetik kadaluarsa bisa menyebabkan gatal-gatal, bintik-bintik kecil, jerawat, hingga kanker kulit. 

Namun, kebanyakan produk kosmetik tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa. Jadi, gimana sih cara mengetahui masa kadalursa sebuah produk kecantikan?  Untuk mengetahui masa kadaluarsa sebuah produk kecantikan, yuk disimak artikel di bawah ini.


1. Maskara
Umur pemakaian sebuah maskara hanya sekitar 3-5 bulan. Ketika, maskara mulai mendekati masa kadalurasa. Teskturnya akan menjadi menggumpal dan memiliki bau yang aneh.  

2. Foundation
Masa kadaluarsa foundation (water based) berusia 12-18 bulan dan foundation (oil based) berusia 18 bulan. Foundation water based lebih boros digunakan apabila dibanding foundation oil based. Foundation oil based sendiri lebih awet masa pakainnya karena mengandung minyak. Foundation yang kadaluarsa dapat dilihat dari warnanya yang mulai hilang dan ketika diaplikasikan ke kulit sulit merata.


3. Lipstik
Penggunaan lipstik hanya berkisar 1-2 tahun. Mengetahui lipstik kadalurasa ditunjukkan apabila teskturnya mulai mengering dan sangat menempel pada kulit bibir kamu bahkan baunya sangat apek. 

4. Eyeliner 
2 tahun lamanya usia pemakaian sebuah eyeliner. Jika eyeliner mulai terlihat menggumpal dan kering itu sudah waktunya untuk dibuang. Eyeliner pensil lebih panjang umur dibanding dengan eyeliner cair.

5. Blush On, Powder, dan Eye Shadow
Ketiga produk kosmetik ini, dapat bertahan hingga memasuki tahun kedua. Benda-benda berbubuk ini ketika kadaluarsa akan kering dan bisa pula menimbulkan jamur. Untuk mencegah tumbuhnya bakteri jamur sebaiknya ketika menggunakan ketiga produk ini. Kamu harus memastikan alat-alat kosmetik seperti kuas dan spons telah dicuci bersih. Spons juga harus diganti setiap 3-6 bulan sekali untuk menghindari timbulnya bakteri yang di tempat yang lembab.

6. Kutek
Usia sebuah kutek hanya berkisar 2 tahun. Ketika kutek mulai kering dan sulit untuk diaduk dan diaplikasi ke kuku jari, itu pertanda bahwa kutek telah kadalurasa.  

Nah, sekarang sudah tahu jelas bukan, usia sebuah produk kecantikan. Ayo segera, rapikan make up box kamu dan pisahkan kosmetik-kosmetik yang telah kadalursa. Sayangi kulitmu mulai dari membuang produk kosemtik yang telah kadaluarsa. 
Jika kamu ingin produk kosmetik lebih awet selalu rapikan alat-alat kosmetik agar bakteri tidak menempel. Selain itu, simpanlah di tempat yang jauh dari matahari dan berada dalam kondisi yang dingin. 











Comments