Sudahkan Anda Melindungi Bibir Dari Sinar Matahari?

sehatfresh.com

Sebelum Anda menginjakkan kaki keluar dari rumah. Kebanyakan dari Anda pasti sudah melindungi kulit tubuh dan wajah dengan mengaplikasikan sunblock. Anda pikir, itu sudah cukup melindungi kulit Anda dari sinar matahari terik. Ternyata Anda lupa memberikan perlindungan kepada bibir. 

Dilansir dari medicaldaily.com, ada sebuah penelitian oleh University Of Texas jurusan kedokteran spesialis dermatology menyebutkan sinar matahari menghasilkan sinar ultraviolet yang berbahaya dan cenderung merusak kulit tubuh, wajah, dan bibir Anda. Survei yang dilakukan 299 responden hanya 37 persen diantaranya yang mengaplikasikan perlindungan baik dan benar pada bibir mereka. Kurangnya memberi perlindungan pada bibir bisa mengakibatkan kanker bibir. 

Bibir adalah bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak. Berbeda dengan kulit kepala ataupun kulit pada tubuh dan wajah. Tidak heran, apabila bibir sering kering, pecah, bahkan sampai berdarah. Yuk, simak cara melindungi bibir Anda.

1. Minyak Zaitun dan Gula 
Minyak zaitun tidak hanya digunakan untuk rambut dan kulit tubuh. Ternyata, minyak zaitun juga dapat mengatasi keringnya bibir pecahmu. Selain berfungsi untuk merawat bibir, minyak zaitun bisa membuat bibirmu merah alami juga lho. Anda hanya perlu mencampurkan minyak zaitun bersama gula dan aplikasi ke bibirmu.

2. Pilihlah Lip Balm Yang Mengandung SPF
Ketika membeli lip balm, Anda wajib memerperhatikan kandungan SPF yang bisa melindungimu dari sinar ultraviolet. Pilihlah lip balm yang memiliki kandung SPF 15 hingga 30. Mengoleskan lip balm pada bibir mencegah bibir kering. Oleskan 2-3 kali dalam sehari atau jika Anda merasa bibir kering, oleskan lagi lip balm-mu.

3. Minumlah Banyak Air

Panasnya cuaca di luar sana, membuat Anda mengalami dehidrasi apabila kekurangan kandungan air. Jadi, konsumsilah air putih yang banyak untuk kesehatan tubuh dan bibir Anda. 

4. Dilarang Menjilat Bibir
Tanpa sadar, Anda pasti suka menjilat bibir ketika Anda merasa kering di bagian bibir. Ingatkan diri Anda untuk segera minum air putih atau menggunakan lip balm apabila merasa kering. Kebiasaan menjilat bibir bisa mengakibatkan bibir semakin pecah. Kenapa demikian? Karena air liur selalu menguap lebih cepat dan membuat bibir semakin kering. 

Comments