Ayo, Ajak Si Kecil Bermain Origami


http://www.cosmomom.net


Melipat origami merupakan salah satu kegiatan yang cukup digemari oleh sebagian orang. Tidak hanya orang dewasa yang menyukai seni melipat ini, namun anak-anak turut menyukai permainan origami. Origami adalah seni melipat yang berasal dari negeri sakura. Permainan melipat origami bisa dibentuk beragam seperti hewan, tumbuhan, mainan, dan lain sebagainya.

Seni melipat origami tidak hanya dilihat sebagai mainan bagi anak tetapi origami dapat memberikan banyak manfaat dengan beragam kreasi untuk si kecil. Berikut manfaat bagi si kecil jika bermain origami.


1. Mampu Berkreasi Dengan Selembar Kertas


http://www.easypeasyandfun.com

Bermain origami berarti bermain dengan kreativitas. Origami bisa dilipat dengan beragam bentuk untuk dimainkan oleh si kecil. Si kecil dapat melipat beragam bentuk kreatif dari selembar kertas seperti hewan, tumbuhan, maupun  mainan. Jika si kecil mampu menghasilkan sesuatu dari kertas origami, maka ia telah berhasil menyalurkan sisi kreatifnya.


2. Si Kecil Belajar Mengikuti Instruksi


https://www.stocksy.com

Bermain melipat origami hingga terbentuk menjadi sebuah hasil karya, tentu butuh arahan. Ketika si kecil dapat mengikuti arahan dari setiap langkah dalam melipat origami dengan baik, maka secara tidak langsung ia telah belajar memahami instruksi yang diberikan oleh contoh dari gambar origami maupun orangtuanya.


3. Waktunya Si Kecil Membuat Mainan Sendiri


http://blog.appystore.in

Bermain melipat origami membuat si kecil belajar menciptakan hasil karya yang kemudian bisa dijadikan sebagai permaianan. Permainan origami mampu memberikan rasa kepuasan bagi si kecil yang mampu menciptakan mainan lewat daya imajinasinya. Si kecil turut belajar menjadi pribadi yang sabar dan teliti untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan dari kertas origaminya.


4. Secara Tidak Langsung Memahami Geometri Matematika


http://blog.olx.co.id/blog


Ketika mengajak si kecil melipat origami, secara langsung kita turut mengajarkan berbagai bentuk geometri dasar matematika. Contohnya, saat melipat kertas menjadi dua sisi saat dibuka akan muncul bekas lipatan yang disebut garis. Kemudian, saat melipat segitiga secara tidak langsung anak telah diperkenalkan dengan bentuk geometri matematika. Alangkah baiknya bagi si kecil apabila mengetahui istilah geometri  matematika melalui permainan melipat kertas origami.


5. Semakin Dekat Dengan Si Kecil


http://origami.about.com


Permainan origami mampu menghadirkan ikatan emosi antara orang tua dan anak. Terjalinnya komunikasi antara orangtua dan anak ketika melipat origami membangun percakapan yang menyenangkan. Hal ini tentu mengakibatkan ikatan emosi semakin menguat dan membuat anda dengan si kecil semakin memahami satu sama lain.



Comments