8 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Berangkat Liburan


Memiliki rencana untuk berlibur tidak harus pergi pada musim liburan. Kamu bisa liburan kapanpun dan dimanapun untuk menikmati hidup. Ternyata, liburan bisa mengembalikan efek rasa semangat. Selain itu, kamu juga dapat beristirahat sejenak dari kegiatan sehari-hari. Liburan ke luar atau dalam negeri, sama-sama terasa menyenangkan dan berkesan. Namun, sebelum kamu berangkat liburan, sebaiknya ada hal-hal yang perlu direncanakan dari jauh-jauh hari. 


http://www.webofficeone.com


1. Survei lokasi liburanmu

Melakukan riset di lokasi atau tujuan untuk berwisata itu wajib dilakukan, agar kamu mengetahui perencanaan biaya yang dibutuhkan untuk berlibur. Selain itu, dengan melakukan riset, kamu bisa memiliki gambaran tentang tujuan wisata kamu, bagaimana keadaannya, cuacanya, budayanya, kulinernya, dan transportasi menuju wisatanya.

http://kineticrecruitment.com



2. Buat Rencana Perjalanan

Membuat rencana perjalanan selama liburan sangat penting dilakukan. Karena, menulis rencana perjalanan bisa membantu kamu menyusun jadwal liburanmu dengan baik dan benar. Tulislah semua tujuan wisata yang ingin kamu datangi di dalam sebuah list. Kemudian, realisasikan tujuanmu ketika kamu berada di tempat liburan. Hal ini, bisa membantu kamu memecahkan kebingungan dari pertanyaan berikut ini “Setelah dari sini, kita mau ke mana lagi yah?”.



http://www.self.com


3. Jangan Pergi Di Musim Liburan

Jika kamu berlibur bukan di musim liburan sudah dipastikan bahwa kamu akan menghemat banyak pengeluaranmu. Kamu bisa menikmati liburan keren dengan harga yang jauh ekonomis dibanding musim liburan. Selain menghindari harga mahal dari sejumlah tempat wisata, kamu juga bisa memperoleh suasana sepi. Suasana ini hanya bisa kamu dapatakan apabila berlibur bukan di musim liburan.


http://womenshealthsa.co.za


4. Melakukan Pembelian Dari Jauh-Jauh Hari

Melakukan pembelian dari jauh hari tentu membantu kamu berhemat selama liburan. Mendapatkan tiket pesawat yang murah bisa membuatmu menambah daftar oleh-oleh yang bisa dibeli. Biasanya, kamu akan memperoleh penawaran harga yang menarik dari sejumlah hotel ataupun penginapan jika melakukan pemesanan dari jauh hari. Sebab, kamu bisa mengecek mana harga paling murah untuk dibeli. 


http://myob.com


5. Jangan Lupa Bawa Obat

Selama liburan di daerah atau negara orang, sebaiknya kamu membawa obat pilek, batuk, pusing, minyak angin, betadine, handiplast, maupun obat alergi. Hal-hal ini wajib dibawa. Kenapa? Karena tidak ada yang bisa menduga bahwa kamu bisa saja tiba-tiba jatuh sakit, atau alergimu kambuh ditengah liburan. Bisa saja, kamu membutuhkan penyesuaian cuaca atau kelelahan di perjalanan.


http://www.weekendnotes.com


6. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Ketika berlibur jangan lupa membawa uang tunai selama perjalanan. Membawa uang tunai membantu kamu menghitung pengeluaranmu. Kemudian, Jangan lupa untuk menyiapkan uang tunai dengan pecahan lima ribuan, sepuluh ribuan, dua puluh ribuan, dan lima puluh ribuan. Hal tersebut, memudahkan kamu untuk membayar transportasi, oleh-oleh, maupun jajanan kaki lima. Membawa yang tunai dalam jumlah banyak juga perlu waspada karena rentan dicopet. Kartu debit dan kartu kredit dapat digunakan dalam hal-hal mendesak.


http://backin79.tistory.com


7. Siapakan Tas Lipat

Namanya juga liburan, tidak resmi rasanya jika kamu tidak membeli oleh-oleh atau berbelanja. Membeli sejumlah barang-barang unik yang memiliki kecantikan dan nilai seninya tentu menimbulkan rasa keinginan untuk memiliki. Jadi, siapkan tas lipat selama berlibur, sehingga koper atau ranselmu tidak kepenuhan. Selain itu, tas lipat juga praktis dibawa kemana saja dan dapat memuat barang belanjaanmu.


http://www.theguardian.com


8. Catatlah pengeluaranmu selama liburan

Buatlah catatan tentang pengeluaranmu ketika berlibur. Ini dilakukan untuk mengetahui berapa budget yang diperlukan kamu untuk berlibur. Selanjutnya, apabila pengeluaranmu dibawah biaya yang telah kamu siapkan. Berarti kamu memang seorang traveller sejati bisa meminimalisir pengeluaranmu. Kamu juga bisa membagikan pengalaman liburan kamu dengan budget minim kepada orang-orang yang ingin berlibur juga.


http://blog.touristly.com